Tuesday, October 4, 2016

Tart Susu Kalimantan

This is a Late Post

Tart Susu Jadul Ala kite orang Ketapang

Tart susu ini banyak dijumpai dimana mana dengan resep yang berbeda beda dan nama yg berbeda beda pulak suka suka orang yg bikin nyebutnya. Tentu saja dengan resep yang berbeda dan teknik pembuatan yang berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda pula.

Satu hal yang sangat spesial dari tart susu ala orang Ketapang adalah bagian isi yang teksturnya sangat lembut dan wangi. Kalo kulitnya agak asin asin gurih dari margarin gitu. Kedua hal ini dipadukan rasanya akan enak sekaleeee.... Berasa macam hari raya imlek dah.... Nyam nyam nyam..... Dan bikinnya selalu pake piring, dipilih yang piringnya gede dan dalam supaya bisa dapat isinya banyak..... Hehehe

Kenapa saya nyebutnya Tart Susu ala Kite Orang Ketapang? Padahal di Pontianak Pesaguan sampe Sandai dan lain lain nya juga sama ada kue ini. Bahkan seluruh Indonesia hingga seluruh dunia juga ada.

Ya iyalahhhhh kan saya orang Ketapang. Hehehe

This is A taste of home.

TART SUSU asli KALIMANTAN

Di kampung saya nama asli kue ini adalah TASUSU. Mengapa demikian? Menurut saya nih ya. Nenek moyang kami kan totok abis tuh. So itu TART jadi TA karena orang tua gak bisa bilang R apalagi RT... Maka sejak kecil kami mengenal kue ini dengan sebutan TASUSU.

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Tart

A tart is a baked dish consisting of a filling over a pastry base with an open top not covered with pastry. The pastry is usually shortcrust pastry; the filling may be sweet or savoury, though modern tarts are usually fruit-based, sometimes with custard. Tartlet refers to a miniature tart; an example would be egg tarts.

Wow... Ternyata ortu kami udah keren loh udah bisa bikin kue keren ini... Kue yg dikenal dunia dengan sebutan egg tart.... Dan ini versi GIANT nya. Kata ponakan saya Gracelynn Chandra "This is a giant egg tart"

Yang spesial dari TASUSU ini adalah fillingnya yang lembut banget dan kulitnya yang gurih asin asin. Dan satu lagi ciri khas nya yang sudah turun temurun yaitu bikinnya pake piring nasi... Hehehe dwi fungsi. Piring bisa buat makan bisa pula jadi loyang kue.

Jamannya saya kecil dulu TASUSU adalah salah satu jenis kue elit setelah lapis legit. Yah buat yg bisa bikin pasti taulah... Proses manggangnya saingan sama lapis legit. Hehehe...

Setiap makan kue ini rasanya rindu sama rumah rindu sama mama.... This is a real taste of home.

Makasih ya teman teman untuk order dan repeat ordernya....

#tartsusu #tarsusu #tasusu #tasteofhome
#ketapang #tartsusu #eggtart #piesusu #tartsusupontianak #tartsusuketapang #homesweethome

Friday, May 22, 2015

Bolu Marmer Pak Sahak

Sudah sering dengar tentang BOLU MARMER PAK SAHAK tapi belum pernah bikin belum pernah nyicip juga. Baca baca reviewnya di milis dan di blog teman teman jadi pengen deh. Sepertinya enak banget. Satu satunya hal yang buat saya belum berani bikin adalah karena pake metode ngocok all in one takut gak ngembang karena pengalaman bikin apam dot dot yang gatot.

Pengalaman saya pake teknik kocok all in one itu ngocoknya lama baru ngembang bahkan berasa gak ngembang ngembang dan gak ngental ngental sampe tangan pegal selama puluhan menit deh. Makana saya heran ada yang cuma 2 menit 5 menit 7 menit sudah siap. Ah masa iya? Mixer apakah yang mereka pakai? Kalo saya dulunya masih pake hand mixer miyako jadul dan setelah kejadian apam dot dot saya tidak pernah berani mencoba resep yang pake metode all in one.

Saking pengennya akhirnya suatu hari yang luang saya coba eksekusi resep yang satu ini dan hasilnya memang mantap deh. Padat tapi lembut banget. Karena tidak ada emulsifier di rumah maka saya skip di resepnya. jadi kuenya gak begitu banyak ngembangnya. tapi dari sisi rasa tidak diragukan deh. Pas buat teman ngopi atau ngeteh...

Hingga saat ini sudah 2x saya bikinnya. Rencananya dalam waktu beberapa hari kedepan mau bikin lagi deh.  Kesulitan saya dalam pembuatan cake ini adalah saat mau bikin efek marblenya. Motifnya gak bagus jadinya. Belum menemukan ceruknya yang pas dalam membuat motif yang cantik. Pada bakingan kedua saya pake teknik zebra aja dengan resep yang sama kue saya bagi 2 saya kasi plain dan coklat lalu saya tuang berselang seling hingga adonan habis dan yang ini lebih pas karena hasilnya lebih cantik hehehe.

Berikut ini resepnya diambil dari blognya mba Nina CATATAN NINA

Bolu Marmer Pak Sahak
oleh Pak Sahak Pribadi (Setengah Resep Asli)

Bahan
5      butir telur (suhu ruang)
125  gr gula pasir
1      sdt emulsifier (gak ada jadi saya skip)
1      sdt vanilla
150  gr tepung terigu serbaguna/protein sedang
15    gr maizena
15    gr susu bubuk
100  gr margarin, lelehkan (saya pake full butter)
50    gr minyak sayur
1-2  sdt pasta coklat / blackforest
Cara membuat:
1. Panaskan oven 180 C. Oles loyang tulban 20 cm dengan margarin dan taburi tepung, Sisihkan
2. Campur dan ayak semua bahan tepung.
3. Kocok telur, gula, emulsifier, vanilla dan campuran tepung hingga mengembang dan kental (all in one method). 
4. Campurkan margarin dengan minyak sayur, kemudian tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan.telur dengan teknik aduk balik tercampur rata dan homogen.
5. Ambil 2 sendok sayur adonan, beri pasta coklat. Aduk rata
6. Tuang adonan putih ke dalam loyang, kemudian tuang adonan coklat di atasnya. Buat motif marmer dengan bantuan garpu atau sumpit
7. Oven hingga matang selama kurang lebih 30-45 menit. Tes tusuk dan tes sentuhAngkat dan segera keluarkan cake dari loyang. Dinginkan
 
Selamat Mencoba....
 
******
MARMER CAKE JADUL Bahan : 5 butir telur 125 gr gula pasir (aku pakai gula kastor) 1 sdt emulsifier 1 sdt vanilla 150 gr tepung terigu serbaguna 15 gr maizena 15 gr susu bubuk 100 gr margarin (aku mix butter + margarin), lelehkan 50 gr minyak sayur 1-2 sdt pasta coklat atau pasta black forest Cara Membuat : - Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang tulban 20 cm, oles margarin dan taburi tepung. Sisihkan. - Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk. - Kocok telur, gula pasir, emulsifier, vanilla dan campuran tepung hingga mengembang dan kental (all in one method). - Campurkan margarin / butter leleh dengan minyak sayur, kemudian tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk balik hingga tercampur rata dan homogen. - Ambil 2 sendok sayur adonan, beri pasta coklat. Aduk rata. - Tuang adonan putih ke dalam loyang, kemudian tuang adonan coklat di atasnya. - Buat motif marmer dengan bantuan, garpu atau tusuk sate. - Oven hingga matang selama kurang lebih 30-45 menit (tergantung masing-masing oven ya). Lakukan tes tusuk dan tes sentuh. - Angkat dan segera keluarkan dari loyang agar cake tidak menciut.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
.
MARMER CAKE JADUL Bahan : 5 butir telur 125 gr gula pasir (aku pakai gula kastor) 1 sdt emulsifier 1 sdt vanilla 150 gr tepung terigu serbaguna 15 gr maizena 15 gr susu bubuk 100 gr margarin (aku mix butter + margarin), lelehkan 50 gr minyak sayur 1-2 sdt pasta coklat atau pasta black forest

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
MARMER CAKE JADUL Bahan : 5 butir telur 125 gr gula pasir (aku pakai gula kastor) 1 sdt emulsifier 1 sdt vanilla 150 gr tepung terigu serbaguna 15 gr maizena 15 gr susu bubuk 100 gr margarin (aku mix butter + margarin), lelehkan 50 gr minyak sayur 1-2 sdt pasta coklat atau pasta black forest

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ
MARMER CAKE JADUL Bahan : 5 butir telur 125 gr gula pasir (aku pakai gula kastor) 1 sdt emulsifier 1 sdt vanilla 150 gr tepung terigu serbaguna 15 gr maizena 15 gr susu bubuk 100 gr margarin (aku mix butter + margarin), lelehkan 50 gr minyak sayur 1-2 sdt pasta coklat atau pasta black forest Cara Membuat : - Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang tulban 20 cm, oles margarin dan taburi tepung. Sisihkan. - Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk. - Kocok telur, gula pasir, emulsifier, vanilla dan campuran tepung hingga mengembang dan kental (all in one method). - Campurkan margarin / butter leleh dengan minyak sayur, kemudian tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk balik hingga tercampur rata dan homogen. - Ambil 2 sendok sayur adonan, beri pasta coklat. Aduk rata. - Tuang adonan putih ke dalam loyang, kemudian tuang adonan coklat di atasnya. - Buat motif marmer dengan bantuan, garpu atau tusuk sate. - Oven hingga matang selama kurang lebih 30-45 menit (tergantung masing-masing oven ya). Lakukan tes tusuk dan tes sentuh. - Angkat dan segera keluarkan dari loyang agar cake tidak menciut.

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ


Pandan Kaya Layer Cake

Udah lama gak update blog... Ini mau sharing bakingan yang sudah ratusan hari lamanya. Dulu blog walking sana sini tertarik dan pengen nyicip Pandan Kaya Cake yang terkenal dari negri jiran. Dari foto foto yang di share sangat menggugah selera. Akhirnya browsing lebih spesifik lagi untuk cake ini. Banyak resep yang beredar berikut tips and trick serta cerita suka dukanya dalam proses pembuatan cake ini. Pilihan saya jatuh pada resep dari Peng's Kitchen.

Karena tidak punya cake ring maka saya memutuskan untuk membuat cake ini upside down dengan referensi dari blog nya Wendyinkk Table For 2..... Or More. Bahan bahan yang dibutuhkan pun sederhana dan mudah didapat di supermarket.



Bahan A
  • 100 ml air pandan (6 lembar daun pandan di jus dengan 125 ml air lalu di saring ambil 100 ml sisanya sisihkan buat filling dan toppingnya)
  • 4 bj kuning telur
  • 90 gr gula halus
  • 160 gr tepung terigu ayak dulu
  • 1/2 tsp baking powder, ayak bersama terigu
  • 1/2 tsp baking soda, ayak bersama terigu
  • 1 tsp esens pandan / pasta pandan
  • 50 gr minyak jagung / minyak goreng
  Bahan B
  • 4 bj putih telur
  • 60 gr gula halus
  • 1/4 tsp cream of tartar
Cara buat
  1. Campur semua bahan A lalu kocok dengan mixer hingga halus
  2. Kocok bahan B terpisah hingga kaku.
  3. Ambil 1/3 adona putih telur lalu campur ke adonan kuning telur dengan teknik aduk balik (ini namanya teknik mancing kayak suamiku suka mancing hehehe)
  4. Campurkan sisa adonan putih telur ke adonan kuning telur lalu aduk balik hingga rata dan homogen
  5. Tuang ke cetakan bulat 8" yang sudah di oles mentega dan ditaburi tepung (saya pake loyang petak ukuran 12 x 18 ~ ukuran yang aneh dan tidak umum hahaha)
  6. Oven 180 dercel selama 40 - 45 menit hiungga matang
  7. Balikkan di rak pendingin hingga uapnya hilang lalu keluarkan dari loyang dan bagi 3 bagian
Bahan Filling dan Topping:
  • 700 gr santan kental
  • 100 gr gula halus
  • 3 tsp agar-agar
  • 1 tsp esens pandan / pasta pandan
  • 50 ml air pandan (sisa dari bahan A)
  • 6 tbsp tepung hun kwee yang warna hijau
  • Kelapa kering buat topping bisa dibeli di tbk (Saya gak punya jadi gak dipake)
Cara buat
  1. Larutkan tepung hun kwee dengan air pandan hingga homogen jangan ada gumpalan
  2. Panaskan santan, gula, agar agar dan esens pandan diatas kompor dengan api kecil
  3. Saat mau mendidih pas mulai ada gelembung kecil masukkan larutan hun kwee nya aduk rata dengan cepat sampe mendidih lalu matikan kompornya dinginkan sambil sesekali diaduk aduk supaya tidak terlalu cepat mengeras
  4. Siapkan loyang yang sedikit lebih besar dari cake (di resep suruh 9" kalo saya karena tidak punya maka cakenya yang saya trim supaya jadi lebih kecil dari loyang waktu bikin cakenya)
  5. Tuang 1/3 adonan filling ke loyang
  6. Taruh 1 lembar cake di atasnya
  7. Tuang lagi 1/3 nya sapukan hingga rata ke pinggirannya demikian seterusnya hingga cake habis
  8. Biarkan dingin lalu kulkasin. Setelah set (mengeras) balikkan ke nampan taraaa... jadi deh
  9. Kalau ada kelapa parut kering maka kelapa parut keringnya ditaburin di atas dan sekeliling cakenya untuk hiasan.
Cake ini rasanya enak. Fresh dingin dingin seger. Seperti puding yang dalamnya dikasi cake. Enak dimakan dingin dingin... dan harus dikulkasin supaya tidak basi karena ada santannya.

Meskipun demikian...... ada sedikit rasa kecewa di hati ini.

Hasilnya tidak seperti yang saya bayangkan. Dari awal imajinasi saya Cake Kaya Pandan karena ada kata Kaya nya jadi lapisan hun kwee harapan saya itu seperti lapisan hijau pada ketan srikaya atau seperti bingka alus dan legit. Keliru lah cok wong yang dibayangkan itu bahan bakunya kaya akan telur sedangkan yang dibuat itu pake hunkwee dan agar agar sebiji telur pun tak ade... ckckck hehehe

Lain padang lain belalang lain bahan pastilah lain rasanya. Menurut saya cake ini cocok buat musim kemarau karena memberikan rasa fresh dingin dingin seger seperti puding..

Selamat mencoba.....

******

Sunday, October 12, 2014

Blueberry Layer Cake

Late post. Dalam rangka menghabiskan sisa blueberry paletta di kulkas bikin blueberry layer cake. Pake resep sponge cake 10 telur Pak Yongki Gunawan. 1 resep harusnya dapat 3 layer loyang bulat diameter 20. Berhubung sikecil minta versi cupcakenya jadi layer terakhirnya di bikin jadi 12 pc cupcake.

Resep ini udah beberapa tahun tersimpan di hape. Dari jaman hamil anak kedua sekarang hamil anak ke tiga baru dibikin. Hahaha. Resepnya liat dari blognya Ci Shirley Dapur Solia. Diulas secara lengkap dan mendetail. Dibaca sampe berulang ulang supaya berhasil karena banyak pake telornya kalo gagal kan sayang...

Berikut ini salinan resepnya.:

http://dapursolia.blogspot.co.id/2009/03/sponge-cake-ala-yongky-gunawan-versi-1.html?m=1

SPONGE CAKE ALA YONGKI GUNAWAN (Versi 1)
:: Disalin oleh Shirley ::

Bahan A:

10 butir Kuning telor
5 butir Putih telor
10 gram Emulsifier
150 gram Gula kastor
100 gram Tepung terigu protein sedang (Kunci Biru)
1 sdm Susu bubuk
1 sdm Tepung maizena

Bahan B:

50 gram Hollman butter
50 gram Room butter
50 gram Margarin
1 sdm Susu kental manis
Pasta (mocca, pandan dll sesuai selera)

Cara Membuat:

1) Kocok telur & gula hingg agak kental, masukkan emulsifier. Kocok hingga kental & mengembang.
2) Masukkan tepung terigu, susu bubuk, maizena dengan cara diayak. Aduk balik dengan spatula.
3) Cairkan butter & margarin (jangan sampai mendidih supaya tidak daya ikatnya tidak rusak), angkat dari api, tambahkan susu kental manis, aduk.
4) Tuang adonan B ke dalam adonan A, aduk balik.
5) Bagi menjadi 2 atau 3 adonan (sesuai jumlah layer / lapis cake yang diinginkan). Tambahkan pasta sesuai selera.
6) Tuang ke dalam loyang ukuran 22 tinggi 3-4 cm (loyang pendek).
7) Panggang selama 18-20 menit di suhu 175 °C hingga bagian atasnya kuning matang dan adonan tidak basah lagi (gunakan tes tusuk gigi).

Monday, August 11, 2014

Opor Ayam - Sayur Nangka - Lontong

Lebaran yang lalu suami minta lontong pake opor.... Lah saya yang hamil suami pula yang ngidam. Hihihi... Sama mertua turun kepasar belanja deh kita masak masak buat liburan labaran.
Lontongnya beli jadi. Sayur nangkanya mertua yang masak. Opor ayamnya saya yang masak. Pake bumbu opor putih resepnya mama. Karena takut santan (bawaan hamil makan santan kembung), opor dan sayur nangkanya pake susu cair.
Yuk simak resep opornya.
Opor Ayam ala Windy
Bahan:
1 ekor ayam bersihkan dan potong sesuai selera (saya potong 12)
Bumbu halus pake takaran kira kira : bawang merah - bawang putih - kemiri - ketumbar - jahe dikit aja - serai 2 batang - merica bubuk dikit aja
Minyak untuk menumis
Garam dan gula secukupnya
Susu cair carnation setengah kaleng
Bawang goreng untuk taburan
Cara masak :
Tumis bumbu halus dengan minyak sampai wangi agak kecoklatan warnanya
Masukin ayam aduk rata dan ungkep sebentar
Kasi air secukupnya sampe ayam terendam masak hingga air berkurang dan ayam empuk
Bumbui dengan garam dan gula
Tuangkan susu cairnya biarkan hingga mendidih matikan kompor siap dihidangkan dengan taburan bawang goreng
Yummy... Selamat menikmati hehehe

Sunday, December 22, 2013

Tang Yuan

Hari ini hari ibu Indonesia....
Hari ini juga hari makan tang yuan aka onde onde....
Selamat hari ibu buat teman teman sebangsa dimanapun anda berada....
Selamat hari makkn tang yuan juga..... Tambah 1 umurku soalnya sudah makan 1 mangkok tadi pagi... Hehehw
Untuk secuil cerita tentang perayaan makan tang yuan sufah pernah saya share disini.

Tuesday, December 3, 2013

Green Tea BDCK for Ultah COOL Marchelia

Untuk kesekian kalinya saya membuat BDCK. Buat latihan... Kan ada pepatah bilang Practise make perfect. Jadi setiap ada kesempatan ya bikin terus setiap ada yang ulang tahun. hehehe... Kali ini buat 1 th ultahnya Cool kami di bulan November lalu.

Base cakenya pake sponge cake 4111 nya Fong's Kitchen Journal . Resepnya sudah pernah saya share di sini. Kali ini cake nya diberi rasa green tea yang dibuat dari 2 sdm green tea bubuk dilarutkan dengan 1 sdm air hangat menjadi pasta. Buatnya 1.5 resep untuk 2 loyang bulat diameter 20cm. Jadinya cake 2 layer dengan filling fresh cream dan buah peach. Cakenya di cover pake fresh cream dan pinggirnya dihias dengan pocky pocky coklat (soalnya belum mahir cover sisi cake sampe mulus). Bagian atasnya diberi sprinkle warna warni dan topping peach yang disusun seperti bunga dan diberi cherry ditengahnya.

Gak sempat difoto banyak kuenya udah ludes diserbu sama teman teman... Hm.... sukses donk ya... hihihi liat deh kecil banget foto BDCK nya.... gak bisa narsis deh hehehe... Say cheeeeseee.....





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...