Tuesday, October 4, 2016

Tart Susu Kalimantan

This is a Late Post

Tart Susu Jadul Ala kite orang Ketapang

Tart susu ini banyak dijumpai dimana mana dengan resep yang berbeda beda dan nama yg berbeda beda pulak suka suka orang yg bikin nyebutnya. Tentu saja dengan resep yang berbeda dan teknik pembuatan yang berbeda akan menghasilkan rasa yang berbeda pula.

Satu hal yang sangat spesial dari tart susu ala orang Ketapang adalah bagian isi yang teksturnya sangat lembut dan wangi. Kalo kulitnya agak asin asin gurih dari margarin gitu. Kedua hal ini dipadukan rasanya akan enak sekaleeee.... Berasa macam hari raya imlek dah.... Nyam nyam nyam..... Dan bikinnya selalu pake piring, dipilih yang piringnya gede dan dalam supaya bisa dapat isinya banyak..... Hehehe

Kenapa saya nyebutnya Tart Susu ala Kite Orang Ketapang? Padahal di Pontianak Pesaguan sampe Sandai dan lain lain nya juga sama ada kue ini. Bahkan seluruh Indonesia hingga seluruh dunia juga ada.

Ya iyalahhhhh kan saya orang Ketapang. Hehehe

This is A taste of home.

TART SUSU asli KALIMANTAN

Di kampung saya nama asli kue ini adalah TASUSU. Mengapa demikian? Menurut saya nih ya. Nenek moyang kami kan totok abis tuh. So itu TART jadi TA karena orang tua gak bisa bilang R apalagi RT... Maka sejak kecil kami mengenal kue ini dengan sebutan TASUSU.

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Tart

A tart is a baked dish consisting of a filling over a pastry base with an open top not covered with pastry. The pastry is usually shortcrust pastry; the filling may be sweet or savoury, though modern tarts are usually fruit-based, sometimes with custard. Tartlet refers to a miniature tart; an example would be egg tarts.

Wow... Ternyata ortu kami udah keren loh udah bisa bikin kue keren ini... Kue yg dikenal dunia dengan sebutan egg tart.... Dan ini versi GIANT nya. Kata ponakan saya Gracelynn Chandra "This is a giant egg tart"

Yang spesial dari TASUSU ini adalah fillingnya yang lembut banget dan kulitnya yang gurih asin asin. Dan satu lagi ciri khas nya yang sudah turun temurun yaitu bikinnya pake piring nasi... Hehehe dwi fungsi. Piring bisa buat makan bisa pula jadi loyang kue.

Jamannya saya kecil dulu TASUSU adalah salah satu jenis kue elit setelah lapis legit. Yah buat yg bisa bikin pasti taulah... Proses manggangnya saingan sama lapis legit. Hehehe...

Setiap makan kue ini rasanya rindu sama rumah rindu sama mama.... This is a real taste of home.

Makasih ya teman teman untuk order dan repeat ordernya....

#tartsusu #tarsusu #tasusu #tasteofhome
#ketapang #tartsusu #eggtart #piesusu #tartsusupontianak #tartsusuketapang #homesweethome

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...